5 Aktivitas Olahraga yang Disarankan untuk Penderita Osteoarthritis

Osteoarthritis merupakan kondisi dimana terjadi peradangan kronis pada tulang rawan yang kemudian memicu pada kerusakan dan pengapuran tulang. Kondisi ini sangat sering menyerang area lutut sehingga dibutuhkan tindakan yang tepat seperti pembedahan atau operasi. Biaya operasi tempurung lutut itu sendiri tidaklah ringan jadi memang harus dipersiapkan sebaik mungkin.

Read More

Olahraga untuk Osteoarthritis

Penderita penyakit tulang ini sangat disarankan untuk tetap menjalankan rutinitas olahraga. Tujuannya adalah untuk menjaga tulang agar tetap sehat karena difungsikan sebagaimana mestinya. Jika didiamkan saja dan tidak dipakai untuk berolahraga, maka tulang dan otot sendi justru akan semakin kaku. Berikut ini 5 aktivitas olahraga yang sangat disarankan dan terbilang aman untuk penderita osteoarthritis:

1. Berenang

Pilihan pertama adalah olahraga berenang yang dikenal sangat aman untuk dilakukan oleh pasien osteoarthritis. Olahraga ini tidak akan memberi beban yang berat pada tulang dan tubuh karena air bias meringankan beban tubuh Anda paling tidak sampai 90%. Jadi Anda bisa lebih bebas bergerak tanpa harus khawatir tulang mendapatkan beban yang berlebihan.

2. Jalan Kaki

Salah satu olahraga termudah yang bisa dilakukan oleh penderita osteoarthritis adalah jalan kaki. Ini adalah olahraga yang sangat simple dan tidak mengeluarkan biaya besar. Anda juga tidak perlu menyediakan alat khusus karena hanya tinggal berjalan seperti biasa. Namun lebih baik perhatikan pilihan lokasinya, pilih area jalan yang rata dan nyaman untuk menurunkan risiko nyeri di area lutut.

3. Bersepeda Statis

Rekomendasi olahraga berikutnya yang bisa dilakukan adalah bersepeda menggunakan sepeda statis. Jenis sepeda seperti ini diketahui bisa membantu menurunkan beban tubuh Anda saat berolahraga. Selain itu gerakan melingkar saat mengayuh pedal juga bisa menurunkan risiko nyeri pada lutut. Anda bisa memulainya dengan gerakan mengayuh yang lambat lalu ditingkatkan kecepatannya perlahan.

4. Latihan Fleksibilitas

Setelah membayar biaya operasi tempurung lutut dan menjalani tahap pengobatan yang berhubungan dengan kasus pengapuran lutut, pasien biasanya disarankan melakukan olahraga ini. Latihan fleksibilitas bisa juga disebut sebagai gerakan peregangan. Olahraga ini sangat efektif membantu meningkatkan fleksibilitas sendi dan mengurangi kekakuan sendi sehingga tidak akan jadi tegang atau nyeri.

5. Yoga

Olahraga ini juga sangat direkomendasikan untuk orang yang menderita osteoarthritis. Disebut aman karena yoga bisa membantu meregangkan otot-otot tubuh serta memperlancar peredaran darah. Gerakan-gerakan yoga secara efektif akan membantu menurunkan rasa nyeri dan mempercepat proses penyembuhan tulang maupun sendi.

Osteoarthritis memang paling sering menyerang area lutut. Jika memang dibutuhkan tindakan operasi lutut untuk mengatasinya, maka persiapkan diri sebaik mungkin. Jangan lupa, ikuti prosedur pemulihan sesuai instruksi dokter. Perhatikan juga asupan makanan yang dikonsumsi dan lakukan kontrol rutin untuk memastikan bahwa kesehatan tulang terjaga dengan baik.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.