5 Cara Menabung yang Benar dan Efektif untuk Masa Depan

Selain menggunakan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan pribadi, Anda harus menyisihkan sebagian untuk ditabung. Menabung sangatlah penting bagi kebaikan diri sendiri dan masa depan. Meskipun memang bagi sebagian orang, menabung sangatlah sulit untuk dilakukan. Kali ini akan dibahas seperti apa cara menabung yang benar dan efektif untuk masa depan Anda.

Read More

Menabung yang Benar

Banyak orang yang sebenarnya niat menabungnya sudah cukup besar. Hanya saja cara menabungnya salah sehingga uangnya tidak bisa terkumpul sesuai rencana. Agar rencana menabung ini bisa berjalan lancar, berikut adalah beberapa tips menabung yang dapat diterapkan:

1. Buat Tujuan Finansial

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah membuat tujuan finansial. Penting sekali untuk menentukan tujuan finansial yang ingin Anda raih dengan cara menabung tadi. Dengan memiliki tujuan finansial, maka Anda akan memiliki motivasi yang cukup besar untuk menabung. Anda akan terpacu untuk menabung demi mencapai tujuan finansial tersebut.

2. Sisihkan Uang di Awal

Jangan menabung dari dana sisa setiap bulan. Dalam waktu satu bulan, Anda disarankan untuk membuat rencana anggaran. Dari rencana anggaran tersebut, Anda bisa tahu berapa banyak pengeluaran yang akan dilakukan. Anda juga tahu berapa banyak uang yang bisa ditabung. Langsung saja ambil dana tabungan tersebut untuk dimasukkan tabungan.

Cara seperti ini jauh lebih efektif daripada mengandalkan dana sisa per bulan untuk ditabung. Biasanya jika Anda mengandalkan cara seperti ini maka akan sulit bagi Anda untuk mengumpulkan tabungan. Saat mengandalkan dana sisa bulanan, biasanya tak akan ada sisa dan Anda cenderung akan menghabiskan uang sehingga tidak bisa menabung.

3. Sesuaikan dengan Kondisi Pribadi

Cobalah untuk menyesuaikan tabungan dengan kondisi pribadi. Banyak orang gagal menabung karena menentukan jumlah tabungan yang jauh lebih besar daripada kemampuan. Misalnya, dalam satu bulan harus menabung Rp1 juta pemasukan yang dimiliki tidak begitu besar dan dana tabungan ini memakan porsi yang terlalu banyak.

 

Agar menabung terasa lebih mudah dan efektif maka cobalah untuk menyesuaikan dengan kondisi pribadi. Buatlah menabung ini menjadi terasa ringan sehingga Anda akan tambah bersemangat. Jangan menjadikan rencana menabung ini sebagai beban dengan cara menyesuaikan jumlah tabungan dengan kondisi pribadi Anda.

4. Gunakan Rekening Khusus

Jika tabungan Anda sering bocor, cobalah untuk memisahkan rekening pribadi dan rekening tabungan. Ini akan sangat efektif menjaga dana tabungan Anda tetap aman. Dengan memiliki rekening khusus tabungan, maka keinginan untuk menggunakan uang tabungan akan berkurang. Cara ini juga akan mempermudah Anda dalam memantau jumlah uang yang sudah berhasil ditabung.

5. Ubah Menjadi Aset Tertentu

Apabila tabungan dalam bentuk uang tidak mempan untuk Anda, maka ubahlah bentuk uang tersebut menjadi aset tertentu. Cara ini juga sangat direkomendasikan agar nilai tabungan tidak bocor. Misalnya, Anda bisa mengubah uang tabungan tadi menjadi emas sehingga akan sulit untuk digunakan membeli kebutuhan yang sifatnya impulsif.

Selain itu Anda juga bisa mengubah tabungan tadi menjadi bentuk instrumen investasi tertentu. Misalnya saja dengan membeli reksadana atau saham di sebuah emiten. Ini juga jadi cara efektif untuk menabung karena dana tabungan tidak ada dalam bentuk uang dan jauh lebih aman untuk disimpan. Menariknya lagi, investasi ini bisa membuat uang Anda terus berkembang.

Itulah tadi 5 cara menabung yang benar dan efektif. Cara-cara ini bisa diterapkan sehingga Anda bisa mencapai target tabungan serta tujuan finansial. Pastikan untuk disiplin dan fokus agar bisa terhindar dari keinginan-keinginan menghabiskan uang tanpa tujuan.

Sumber:

https://money.kompas.com/read/2022/01/09/100000126/bagaimana-cara-menabung-yang-baik-dan-benar-?page=all

https://lifepal.co.id/media/tips-menabung/

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.