5 Cara Mencegah Gigi Berlubang

5-Cara-Mencegah-Gigi-Berlubang

Sakit karena gigi berlubang tentu sangat mengganggu. Penyebab gigi berlubang ada berbagai macam antara lain tidak rajin membersihkan gigi, sering mengonsumsi makanan asam dan manis, pengaruh obat, dan bisa saja karena mengalami gangguan makan.

Read More

Gigi dapat berlubang karena lapisan luar gigi atau email terkikis sampai dentin atau lapisan dalam pada gigi. Oleh karena itu, gigi dapat mudah terbentuk lubang. Baik anak-anak maupun dewasa dapat mengalami gigi berlubang.

Mencegah Gigi Berlubang

Gigi berlubang dapat menyebabkan pembusukan gigi dan gigi dapat tanggal. Selain itu, gigi akan menjadi sensitif ketika makan makanan dengan suhu yang terlalu dingin atau terlalu panas. Gigi juga dapat terasa nyeri tiba-tiba tanpa sebab. Ketika nyeri datang, seringkali aktivitas akan terganggu karena sakit gigi dapat menimbulkan gejala lain seperti sakit kepala.

Gigi berlubang dapat dihindari dengan cara sebagai berikut:

1. Disiplin Menjaga Kebersihan Gigi

Penyebab gigi berlubang adalah kondisi mulut Anda tidak bersih. Gigi merupakan organ penting untuk melumat makanan sehingga dapat masuk ke dalam tubuh. Kebersihan gigi sangat penting karena dapat membantu meningkatkan nafsu makan. Saat sakit gigi, seringkali nafsu makan berkurang karena sakit saat mengunyah.

Bersihkanlah setiap habis makan dan sebelum tidur malam. Anda juga dapat menggunakan obat kumur dan benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi yang tidak terjangkau sikat gigi.

2. Rutin ke Dokter Gigi

Lakukanlah kunjungan ke dokter gigi, setidaknya setiap enam bulan sekali atau tergantung pada keadaan gigi Anda. Pemeriksaan rutin dapat membantu deteksi secara dini penyebab gigi berlubang. Dengan rutin memeriksakan gigi, Anda dapat menghindari risiko penyakit gigi yang lebih parah.

3. Mengurangi Makanan Manis dan Asam

Makanan manis mengandung gula, yaitu suatu bentuk dari karbohidrat. Ketika karbohidrat ini masuk ke dalam pencernaan, maka akan ada bakteri yang mengonsumsinya dan menghasilkan asam. Ludah di dalam mulut akan mendukung pembentukan plak pada saat bercampur dengan asam tadi. Plak tersebut merupakan salah satu penyebab gigi berlubang.

Dengan mengurangi makanan manis atau yang mengandung gula buatan, Anda akan mengurangi plak pada gigi. Gula tetap dibutuhkan tubuh. Oleh karena itu, pengganti makanan dengan pemanis buatan adalah makanan dengan pemanis alami. Sebagai contoh adalah buah-buahan atau umbi-umbian.

Selain makanan manis, konsumsi makanan atau minuman asam juga dapat menyebabkan lubang pada gigi. Sebagai contoh adalah minuman bersoda atau buah-buahan yang mengandung asam.

4. Konsumsi Makanan dan Minuman Mengandung Kalsium

Salah satu pencegahan gigi berlubang adalah dengan menguatkan lapisan gigi. Makanan dan minuman yang mengandung fosfat dan kalsium membantu meminimalisir gigi berlubang. Beberapa di antaranya adalah susu dan yogurt bebas gula, teh hijau, keju, sayuran hijau, kacang-kacangan, daging merah, ayam atau ikan,serta bawang putih. Anda juga dapat mengunyah permen karet mengandung xylitol yang bebas gula.

5. Memastikan Ada Fluoride pada Pasta Gigi Anda

Air putih mengandung fluoride alami yang dapat Anda konsumsi setiap hari. Oleh karena itu, rajin minum air putih delapan hari sekali sangat penting untuk gigi. Tetapi, terkadang asupan fluoride kurang dan dapat ditambah dari pasta gigi atau obat kumur.

Fluoride dapat mencegah bakteri di dalam mulut dan membangun lapisan gigi paling luar yang mulai lemah. Fungsi yang lain adalah dapat mengatasi kerusakan awal pada gigi. Rajinlah menggosok gigi dan berkumur dengan obat kumur berfluoride untuk mendapat fluoride tambahan.

Gigi berlubang dapat dicegah asalkan berdisiplin membersihkan area mulut. Penyebab gigi berlubang juga dapat terjadi karena penyakit atau gangguan tertentu. Anda dapat menghubungi dokter gigi sehingga untuk mendapat perawatan lebih lanjut.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *