5 Ciri Mesin Cuci Perlu Diganti

5-Ciri-Mesin-Cuci-Perlu-Diganti
Mesin cuci merupakan peralatan rumah tangga yang sangat membantu pekerjaan rumah. Salah satu tips membeli mesin cuci adalah memperhatikan material mesin cuci dan juga garansi pemakaian. Sama dengan peralatan elektronik yang lain, mesin cuci tidak akan selalu bertahan lama. Anda juga perlu mengganti barang ini dengan yang baru.

Ciri Mesin Cuci Harus Diganti

Perawatan atau servis memang sangat penting dalam benda-benda elektronik. Servis merupakan salah satu upaya untuk memperpanjang kemampuan mesin. Meski demikian, setiap benda seperti mesin cuci sebaiknya tetap diganti setelah beberapa tahun.

Read More

Mengganti mesin cuci juga perlu mempertimbangkan bagaimana mesin cuci dibuang. Anda bisa menghubungi bank sampah yang mengumpulkan benda-benda elektronik bekas.

Upaya untuk merawat mesin cuci sudah dilakukan. Namun, ada hal-hal yang perlu diperhatikan apabila mesin cuci sudah ada dalam keadaan seperti berikut ini:

1. Ada Suara Kencang

Setiap mesin cuci memang menghasilkan suara. Hal ini menandakan bahwa mesin bekerja. Tetapi, ada beberapa suara yang perlu diwaspadai, terutama apabila suara ini keluar setelah Anda melakukan perawatan rutin.

Jika ada suara terdengar kencang dan aneh, seperti suara mesin yang rusak, salah satu upayanya adalah mengurangi beban dan juga melakukan perawatan. Suara ini terjadi karena adanya komponen yang sudah tua, beberapa komponen yang harus dikencangkan karena terlalu longgar, atau bisa juga karena kesalahan dari pemasangan.

Oleh karena itu, apabila upaya-upaya untuk memperbaiki mesin cuci sudah dilakukan, tetapi masih ada suara kencang yang janggal dari mesin, maka lebih baik Anda bisa mempertimbangkan mengganti mesin cuci.

2. Selalu Bocor

Mesin cuci yang mengalami kebocoran merupakan ciri mesin cuci yang rusak. Kondisi ini bisa terjadi karena pemasangan selang yang longgar sehingga air bocor atau menampung terlalu banyak pakaian dari kapasitas seharusnya.

Namun, Anda sebaiknya segera mencari pengganti mesin cuci lama apabila tidak ada tanda-tanda bocor seperti di atas, tetapi selalu ada kebocoran air di mesin cuci.

3. Mesin Cuci Sudah Tua

Barang elektronik yang sering digunakan memiliki batas waktu tersendiri. Kinerja mesin cuci yang sudah tua tentu berbeda dengan mesin cuci yang baru. Apabila Anda memiliki mesin cuci lebih dari delapan atau 10 tahun, lebih baik Anda mempertimbangkan untuk mengganti yang baru.

Tips membeli mesin cuci adalah melihat kapasitas maksimal dari mesin cuci. Apabila Anda memiliki keluarga besar, tentu membutuhkan mesin cuci yang besar pula. Anda juga bisa membagi cucian sesuai kapasitas.

Mesin cuci akan awet bahkan hingga lebih dari 10 tahun apabila Anda tidak terlalu memberi banyak beban dan juga selalu rutin melakukan perawatan.

4. Air Tidak Mengisi Tabung

Salah satu ciri mesin cuci yang bermasalah adalah air tidak mengisi ke dalam tabung. Hal ini bisa terjadi karena debit air kurang, adanya penyumbatan, dan juga terjadi kesalahan pada katup pemasukan air.

Namun, jika masalah tetap ada meski Anda sudah berupaya melakukan perbaikan, maka kemungkinan adalah ada kerusakan permanen yang tidak dapat diperbaiki lagi.

5. Tidak Bergerak

Mesin cuci yang tidak bergerak bisa jadi pertanda adanya kerusakan pada mesin. Satu-satunya cara untuk mengatasi adalah memanggil tukang servis. Namun, apabila mesin sudah sangat rusak parah, bisa jadi tetap tidak akan menggerakan mesin cuci meski sudah dilakukan servis berkali-kali.

Dalam mengganti mesin cuci, Anda perlu mempertimbangkan beberapa tips membeli mesin cuci. Saat ini setiap mesin cuci memiliki fitur baru. Pelajarilah beberapa mesin cuci sebelum memutuskan membeli agar mesin cuci yang Anda gunakan bisa awet dan tahan lama.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *