5 Keuntungan Berkebun di Rumah atau Lahan Sempit

cuci-tangan-pakai-sabun
Saat ini berkebun di dalam rumah atau di lahan yang sempit dengan pot menjadi populer lantaran banyak orang memilih berdiam di rumah untuk menghindari penularan Covid-19. Berkebun menjadi pilihan dengan banyak manfaat, tetapi sebaiknya Anda juga tidak lupa untuk cuci tangan pakai sabun setelah selesai dengan aktivitas tanam menanam ini

Berkebun untuk Kesehatan

Semua orang, bahkan anak-anak Anda pun, bisa berkebun dengan menggunakan media tanam sederhana, salah satunya adalah air. Jika Anda memiliki lahan sempit, misalnya tinggal di apartemen, Anda juga bisa memelihara tanaman yang tidak perlu lahan besar seperti aneka bawang, daun bawang, cabai, atau selada.

Read More

Selain tanaman pangan, pemilik lahan sempit juga bisa memelihara tanaman hias seperti succulent, lidah mertua, atau tanaman rambat seperti English ivy. Berikut adalah beberapa hal mengenai sisi positif berkebun:

1. Melepaskan Stres dan Jenuh

Di rumah sepanjang hari memang bisa saja menjadi sumber stres dan jenuh, apalagi Anda harus bekerja secara jarak jauh. Bagi sebagian orang, tidak bertemu dengan orang lain secara langsung juga bisa menyebabkan stres.

Berkebun dapat mengalihkan perhatian Anda dari pikiran negatif serta melepaskan stres ketika berada di dalam rumah terus-menerus. Mulailah mengadopsi tanaman yang mudah dirawat terlebih dahulu. Merawat tanaman juga dapat menenangkan pikiran Anda karena Anda akan fokus pada tanaman.

Luangkan waktu sekitar satu hingga dua jam untuk memperhatikan tanaman seperti menyiram tanaman, memindahkan ke media tanam lebih besar, memberi pupuk, atau memeriksa keadaan daun.

2. Sumber Pangan Organik

Bahan makanan yang ditanam sendiri tentu akan lebih sehat karena Anda lah yang menentukan penggunaan pupuk atau nutrisi tanaman. Jika Anda sepenuhnya menggunakan pupuk organik atau pestisida alami, maka tanaman pangan Anda menjadi sayuran atau bahan bumbu organik.

Beberapa bahan pangan yang bisa Anda pilih untuk ditanam di pot tanpa harus ada lahan besar adalah tomat cherry, daun mint, seledri, cabai, daun basil, bawang putih, bawang merah, daun bawang, dan daun selada.

Anda bisa menanam mulai dari biji atau melakukan teknik regrow. Setelah memindah tanaman dari media pembibitan, jangan lupa untuk selalu cuci tangan pakai sabun setelah terkena tanah agar tangan selalu bersih.

3. Menjaga Kesehatan Tubuh

Kegiatan berkebun mengalihkan perhatian Anda dari layar komputer dan juga menggerakkan badan setelah duduk terlalu lama dengan posisi yang sama. Berkebun akan menggerakkan seluruh badan Anda dan juga menyegarkan mata. Otot tubuh akan lemas jika Anda bergerak sehingga tidak mudah lelah.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Waktu terbaik saat berkebun adalah pagi hari ketika ada sinar matahari pagi. Sinar matahari tidak hanya baik untuk tanaman, tetapi juga untuk tubuh Anda. Saat banyak berdiam diri di rumah, Anda tentu akan sedikit terkena sinar matahari, padahal sinar matahari pagi antara pukul 07:00-09:00 adalah sumber vitamin D yang baik.

Berkebun sebaiknya juga dilakukan setiap sore hari atau malam. Menyirami tanaman dilakukan dua kali sehari, pagi dan malam hari agar tanaman cukup air.

5. Sarana Bersosialisasi

Berdiam di rumah bukan berarti Anda kehilangan akses dalam bersosialisasi dengan teman Anda atau bertemu dengan orang baru. Berkebun bisa menjadi jembatan untuk bersosialisasi. Dengan berkebun Anda akan membuka percakapan baru untuk menukar informasi dan berbagi tips mengenai tanaman dengan banyak orang.

Anda juga bisa membuat jurnal mengenai tanaman dan membaginya di media sosial untuk memulai interaksi dengan orang lain. Jika ingin bertukar informasi, Anda bisa mengikuti komunitas berkebun melalui media sosial.

Manfaat berkebun tidak hanya untuk kesehatan jiwa tetapi juga kesehatan raga. Saat berkebun, tentu tidak jauh dari urusan tanah, pupuk, atau pestisida. Selalu cuci tangan pakai sabun setelah selesai beraktifitas agar tangan kembali bersih.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *