5 Penyebab Rambut Anda Bercabang dan Rusak

5-Penyebab-Rambut-Anda-Bercabang-dan-Rusak
Rambut merupakan mahkota wanita yang perlu perawatan intens agar tetap terlihat sehat. Masalah pada rambut yang acap terjadi seperti ketombe, bercabang, patah, dan rontok bukan hal yang asing. Jangan heran kalau banyak wanita kesal karena harus memotong rambut yang bermasalah tersebut. Jika rambut panjang Anda mengalami kondisi bercabang, sebaiknya ketahui cara mengatasi rambut bercabang yang efektif.

Penyebab rambut bercabang

Sebelum Anda memutuskan untuk potong rambut, ada baiknya ketahui penyebab rambut kesayangan bermasalah. Menghindari penyebab rambut bercabang merupakan langkah tepat dalam mencegah awal kerusakan. Berikut 5 penyebab utama rambut Anda mengalami masalah bercabang yang parah yaitu :

Read More

1. Terlalu sering terkena paparan sinar matahari

Penyebab rambut bercabang bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan. Jika dibiarkan dalam waktu lama, maka sinar ultraviolet bisa merusak kutikula rambut sehingga menyebabkan penurunan tingkat kelembaban alami. Rambut bisa menjadi lebih kusam, kering dan bercabang parah.

Ada baiknya Anda menerapkan cara mengatasi rambut bercabang dengan memotong bagian yang bercabang saja. Lakukan pencegahan rambut mengalami hal yang sama dengan rajin memakai topi atau tudung kepala saat berada di luar ruangan.

2. Terlalu sering menggunakan alat elektronik dan bahan kimia

Penggunaan hair dryer atau catok yang memiliki suhu panas bisa merusak rambut lama-lama. Akar rambut akan terus melemah seiring penggunaan bahan kimia yang terus menerus seperti bleaching, pewarnaan, obat pelurusan atau pengeritingan, dan lain-lain. Jika Anda bisa meminimalisir penggunaan hair styling dan obat kimia, maka rambut bisa kembali terlihat lebih sehat dan berkilau.

3. Menyisir rambut dengan kasar

Kebiasaan menyisir rambut dengan sisir kasar bisa berdampak pada kerusakan mahkota kepala. Selain itu, Anda juga harus rajin mengeringkan rambut secara alami tanpa pengering. Biarkan rambut kering dan sisir dengan bulu halus atau bergerigi jarang, ya! Menyisir rambut dalam kondisi basah bisa membuat kerusakan lebih parah lagi.

4. Sering berada di ruangan AC

Rambut yang sehat bisa menjadi rusak apabila terkena paparan debu, asap rokok, pengaruh lingkungan, dan ruangan AC. Terlalu sering bekerja di ruangan AC bisa merusak rambut sebab AC menyerap kelembaban alami yang dimiliki rambut Anda. Rambut pun menjadi lebih kering sehingga rentan mengalami masalah bercabang dan rontok.

5. Pola hidup yang tidak sehat

Penyebab rambut bermasalah baik ketombe, patah atau bercabang bisa disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Rambut bisa mengalami masalah kekurangan nutrisi sehingga menjadi tidak sehat.

Sebaiknya Anda mulai mengkonsumsi makanan sehat untuk mendukung kesehatan rambut lebih baik. Makanan yang direkomendasikan antara lain bayam, brokoli, makanan kata vitamin B dan E, buah-buahan serta kacang-kacangan.

Jangan lupa untuk mengkonsumsi air dalam jumlah cukup agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Selain itu, Anda juga harus cukup tidur supaya akar rambut bisa beregenerasi dengan baik. Kebiasaan begadang, merokok, kurang olahraga, dan pola hidup kurang baik lain bisa berdampak pada kesehatan tubuh termasuk kulit dan rambut Anda.

Hal yang tak kalah penting dalam menjaga rambut terhindar dari risiko bercabang adalah perawatan yang maksimal. Suka mengikat rambut terlalu kencang bisa berdampak pada kerusakan lebih parah. Cara mengatasi rambut bercabang adalah memilih produk yang memiliki formula khusus untuk masalah rambut bercabang. Jangan lupa memakai kondisioner setiap selesai keramas agar kelembaban rambut bisa terjaga. Memakai masker rambut secara rutin bisa membuat rambut Anda bebas dari masalah bercabang.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *