6 Tipe Kompor Gas yang Perlu Anda Ketahui

6-Tipe-Kompor-Gas-yang-Perlu-Anda-Ketahui

Perlengkapan dapur paling utama adalah kompor. Kualitas kompor tentu akan mempengaruhi makanan yang Anda masak untuk keluarga. Kompor yang saat ini umum digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah kompor gas. Selain jenis, harga kompor gas dan mereknya mempengaruhi kualitas kompor.

Read More

Tipe Kompor Gas dan Kegunaanya

Setidaknya ada lima tipe kompor gas. Fungsi kompor tentu saja digunakan untuk memasak. Tetapi, ada berapa tipe kompor dengan kegunaan tambahan atau keunggulan yang lain. Agar Anda tidak salah pilih, berikut adalah tipe-tipe kompor gas di pasaran:

1. Kompor Gas Portabel

Tipe kompor gas ini sesuai dengan namanya yaitu dapat dibawa ke mana-mana. Kompor gas portable tidak menggunakan tabung gas besar seperti tabung gas 3kg, 12kg, atau 14kg, melainkan gas pasang dengan berat bersih 230g.

Gas tabung tersebut dapat dipasang dan dilepas ketika dibutuhkan saja. Anda dapat menggunakan kompor gas ini untuk kegiatan di luar rumah seperti berkemah, barbeque di taman, atau menggunakanya untuk keadaan darurat.

Kompor gas ini juga cocok untuk kompor tambahan yang diletakkan di meja makan ketika Anda memasak hot pot untuk shabu-shabu atau memanggang daging ala restoran all you can eat.

2. Kompor Gas Restoran

Kompor gas ini dapat ditemukan di restoran atau di warung makan berskala besar. Kompor ini tidak memiliki tempat sehingga hanya berupa kerangka tungku dengan pemantik saja.

Api yang dihasilkan besar sehingga membuat masakan cepat matang. Penggunaan dari kompor ini juga harus hati-hati dan berada di ruangan bersirkulasi udara baik untuk meminimalisir tekanan udara yang besar.

3. Kompor Gas Satu Tungku

Kompor gas tipe ini hanya memiliki satu tungku untuk memasak. Kompor gas satu tungku harus disambungkan dengan gas tabung kecil ukuran 3kg hingga 14kg.

Ukuran kompor gas yang kecil dan ringan memudahkan untuk dibawa. Selain cocok untuk alat memasak utama pada keluarga Anda, kompor ini juga dapat digunakan untuk modal dalam berjualan, terutama untuk pedagang kaki lima atau warung sederhana.

4. Kompor Gas Dua Tungku

Kompor gas dua tungku merupakan kompor yang umum ditemukan di dapur rumah atau di rumah makan. Dengan menggunakan dua tungku, Anda tentu akan cepat menyelesaikan masakan yang berbeda. Harga kompor gas dua tungku beragam karena sesuai dengan mereknya.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dari kompor gas tipe ini adalah saluran gas dan juga api yang dihasilkan. Terkadang, apabila ada hambatan, salah satu tungku tidak berfungsi dengan baik. Saat hal itu terjadi, segeralah bersihkan saluran atau perbaiki agar tidak menimbulkan bahaya.

5. Kompor Gas dan Oven Freestanding

Kompor gas dan oven freestanding merupakan jenis kompor gas yang memadukan oven di bawahnya. Kompor ini dapat dipindahkan karena tidak ditanam di meja atau di dinding.

Secara umum, kompor gas tipe ini memiliki empat tungku. Tungku-tungku tersebut memiliki ukuran yang berbeda sesuai kegunaannya. Tungku besar digunakan untuk memasak dengan wajan yang lebar. Tungku paling kecil dapat digunakan untuk memasak dengan panci susu atau membuat kopi dengan moka pot.

Karena memadukan oven di bawahnya, Anda dapat menggoreng sambil memanggang. Gas diletakkan di ruangan di sebelah oven, sehingga dapat tersambung ke kompor dan oven sekaligus.

6. Kompor Gas Tanam

Kompor gas jenis ini merupakan kompor yang ditanam di meja dapur. Apabila Anda ingin memanggang, Anda dapat membeli oven terpisah. Kompor gas tanam biasanya juga memiliki empat tungku berbeda.

Sebelum membeli, Anda dapat melakukan survei harga kompor gas dan mereknya terlebih dahulu. Kompor harus tetap dibersihkan baik di bagian rangka, penutup, dan juga saluran kompor secara rutin. Warna api yang mengindikasikan kompor bersih adalah biru. Oleh karena itu, periksalah warna api pada kompor Anda secara rutin.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *