7 Jenis Pilihan Hunian yang Ada di Indonesia

Tempat tinggal menjadi salah satu bagian kebutuhan utama bagi setiap individu. Dengan adanya tempat tinggal, maka seseorang memiliki tujuan dalam hidupnya. Tempat inilah yang akan menjadi tempat untuk berlindung, beristirahat, juga berkumpul bersama keluarga. Memiliki tempat tinggal yang nyaman menjadi sebuah cita-cita yang diperjuangkan oleh banyak orang saat ini.

Read More

Jenis Hunian

Ternyata ada banyak sekali jenis tempat tinggal yang tersedia di Indonesia. Tentunya semua pilihan ini diharapkan bisa mempermudah Anda untuk mendapatkan tempat tinggal nyaman sesuai kebutuhan juga sesuai ketersediaan biaya. Berikut ini adalah 7 jenis pilihan tempat tinggal yang sekarang bisa Anda temui di Indonesia:

1. Rumah Tunggal

Tipe rumah yang satu ini paling populer dan sangat umum dikenal oleh masyarakat Indonesia. Rumah merupakan tipe hunian yang biasanya berlokasi di sebuah lahan tertentu yang tidak terikat dengan jenis hunian lainnya. Rumah biasanya berdiri sendiri sebagai jenis hunian yang nyaman dan paling cocok untuk ditempati oleh keluarga.

Di zaman sekarang, memiliki rumah tunggal cenderung terbilang sulit. Punya rumah di lahan yang luas milik sendiri terbilang sulit apalagi bagi milenial dan gen Z yang baru saja membangun karier. Biaya untuk membangun rumah biasanya juga cukup tinggi dan ketersediaan lahan semakin terbatas. Namun rumah ini akan jadi tempat tinggal yang paling nyaman karena biasanya ukuran luas dan lingkungan memadai.

2. Town House

Selanjutnya ada tipe hunian town house yang sangat cocok dengan masyarakat modern saat ini. Town house merupakan sebuah kompleks perumahan yang jumlah unit rumahnya terbatas. Biasanya town house ini berlokasi di tengah kota dan sangat strategis dekat dengan berbagai fasilitas umum. Town house juga terbilang aman karena kompleks ini dikelilingi oleh pagar tembok.

Town house menjadi salah satu jenis hunian yang berkelas saat ini. Fasilitas town house terbilang lengkap dan modern. Biasanya desain arsitektur rumah-rumah di town house juga eksklusif bahkan cenderung mewah. Tentunya hal ini juga diiringi dengan harga jual dari townhouse yang terbilang cukup tinggi.

3. Perumahan Cluster

Mirip dengan town house, cluster juga merupakan rumah yang berlokasi di sebuah kompleks perumahan. Namun tidak seperti town house, cluster ini masih terbagi menjadi beberapa kawasan atau sub komplek. Di dalam sub komplek, ada rumah-rumah yang memiliki tipe sama dan sudah dilengkapi dengan fasilitas umum yang bebas digunakan oleh siapa saja.

Bisa dikatakan bahwa jumlah rumah yang ada di dalam sebuah cluster lebih banyak dari town house. Selain itu cluster juga akan menerapkan sistem keamanan one gate dimana hanya ada satu pagar di dalam lokasi cluster tersebut. Rumah-rumah di dalam cluster juga biasanya tidak menggunakan pagar lagi. Ada banyak pilihan tipe rumah yang ada di dalam satu cluster, mulai dari kecil sampai besar.

4. Rumah Kopel

Selanjutnya ada tipe rumah kopel yang juga bisa dijadikan sebagai pilihan tempat tinggal. Rumah kopel ini umum ditemui di wilayah Jawa Barat khususnya di daerah Bandung dan Garut. Nama rumah kopel ini didapatkan dari istilah bahasa Inggris untuk pasangan yaitu couple. Dinamai seperti itu karena rumah ini memang berpasangan dan hanya dipisahkan satu dinding saja.

Jenis rumah ini memiliki penampilan seolah hanya satu rumah padahal terdiri dari dua rumah yang berbeda. Tentu pemilik rumah juga berbeda dan hanya dipisahkan oleh dinding pemisah di bagian tengah. Jenis rumah seperti ini biasanya digunakan untuk menghemat ketersediaan lahan sekaligus menghemat bujet. Selain itu cocok juga dijadikan sebagai tipe rumah kontrakan.

5. Rumah Tapak

Tipe rumah yang satu ini merupakan solusi terbaik untuk mendapatkan tempat tinggal layak di lahan yang terbatas. Belum lagi biaya membangun rumah tinggal saat ini begitu besar sehingga hadirlah rumah tapak. Rumah tapak merupakan jenis rumah yang dibangun langsung di atas tanah dan biasanya ukurannya jauh lebih kecil dari rumah-rumah pada umumnya.

Rumah tapak ini cocok sekali bagi Anda yang tidak memiliki bujet besar untuk membangun rumah. Selain itu rumah tapak juga terbilang nyaman untuk ditinggali saat Anda belum menikah atau punya keluarga kecil. Jenis rumah ini mungkin terlihat sederhana namun dengan desain yang tepat dan penataan interior yang bagus, ini bisa jadi tempat tinggal yang sangat nyaman.

6. Rumah Tumbuh

Berikutnya ada tipe rumah tumbuh yang saat ini begitu populer dikenal di kalangan milenial. Sesuai dengan namanya, tipe rumah ini didesain untuk bertumbuh. Rumah tumbuh merupakan solusi desain rumah bagi Anda yang bujet pembangunan rumahnya masih terbatas. Jadi pembangunan rumah dapat diselesaikan dari bagian-bagian dasarnya terlebih dahulu.

Tipe rumah tumbuh ini mengutamakan ruangan-ruangan atau bagian yang paling dibutuhkan. Nantinya akan dibuat desain pondasi yang memungkinkan kelanjutan pembangunan tanpa harus mulai lagi dari awal. Jadi rumah bisa ditempati terlebih dahulu dengan keterbatasan bujet yang tersedia untuk pembangunan.

7. Apartemen

Milenial juga sangat akrab dengan tipe rumah apartemen. Unit apartemen dapat menjadi pilihan tempat tinggal yang nyaman bagi Anda yang tinggal di tengah kota besar. Apartemen merupakan jenis hunian yang sangat menjaga privasi dan kenyamanan penghuninya. Fasilitas di lingkungan apartemen juga biasanya sudah lengkap sehingga penghuni bisa menjalani aktivitas dengan lancar.

Kini fasilitas apartemen bisa Anda temui di berbagai lokasi. Pastikan untuk mempertimbangkan ketersediaan bujet dan lokasi apartemen sebelum memilih jenis hunian ini. Bagi Anda yang sedang mencari hunian apartemen di Bekasi, bisa langsung mengunjungi laman https://www.rumah.com/ untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

Sumber:

https://dpu.kulonprogokab.go.id/detil/238/jenis-rumah-tinggal-atau-hunian-di-indonesia

https://saranaproperti.com/berita/10-jenis-rumah-tinggal-yang-ada-di-indonesia-no-3-paling-menarik

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *