Ini 8 Alasan Mengapa Tubuh Mengeluarkan Keringat Dingin

Ini-8-Alasan-Mengapa-Tubuh-Mengeluarkan-Keringat-Dingin
Pernahkah Anda di situasi kurang nyaman dengan kondisi keringat yang keluar dari tubuh cukup banyak? Biasanya situasi ini disebut keringat dingin dan memberi tanda bahwa ada yang tidak beres di dalam tubuh kita. Keringat bisa muncul di bagian tubuh mana pun, seperti telapak tangan dan kaki, pada leher, kening, hingga sekujur tubuh.

Penyebab Tubuh Berkeringat Dingin

Ada berbagai penyebab yang membuat tubuh mengeluarkan keringat berlebih dan bukan keringat akibat habis berolahraga atau melakukan aktivitas berat, di antaranya:

Read More

1. Mengalami Shock atau Perasaan Tidak Tenang

Keringat seperti ini bisa keluar karena Anda sedang mengalami shock. Tubuh akan mengalami gangguan yang dimulai dengan berkurangnya aliran darah ke bagian-bagian vital, termasuk otak. Membuat organ-organ kekurangan oxygen, juga nutrisi alaminya.

Ini membuat tubuh pun mengeluarkan tanda-tanda, salah satunya muncul keringat. Kondisi shock bisa menimbulkan gangguan kesehatan yang lebih parah dan harus segera ditangani.

2. Migrain dan Vertigo

Berikutnya, Anda kemungkinan sedang migrain atau vertigo. Migrain ditandai dengan rasa sakit di sebagian kepala yang bisa diikuti rasa mual. Nyeri ketika migrain ini bisa sangat menyakitkan dan menyerang dalam waktu lama. Keringat pun keluar sebagai respon dari tubuh kita ketika melawan rasa sakit tersebut. Begitu pula saat mengalami vertigo yang membuat tubuh terasa berputar. Gejala vertigo sendiri biasanya diikuti oleh mata berkunang-kunang, telinga yang berdenging, dan sulit berbicara.

3. Adanya Infeksi Dalam dan Luar Tubuh

Keringat bisa juga muncul karena tubuh sedang mengeluarkan antibodi untuk melawan infeksi. Infeksi ini terjadi di dalam, maupun di luar tubuh. Misalnya saat Anda mengalami gangguan pencernaan, atau ketika kulit Anda terluka cukup parah dan mengalami infeksi akibat bakteri.

4. Gejala Kanker

Sering mengalami keringat dingin tidak bisa diabaikan. Sebab ini bisa menjadi gejala kanker seperti pada kasus kanker limfoma, kanker hati, kanker tulang, serta kanker darah (leukimia). Tubuh sedang berjuang melawan rasa sakit. Keringat akan muncul saat sedang menjalani pengobatan kanker seperti kemo dan konsumsi obat-obatan yang tergolong ‘keras’.

5. Gejala Serangan Jantung

Kebanyakan serangan jantung diawali dengan rasa tidak nyaman pada tubuh, tiba-tiba merasa lelah, mengantuk, hingga keluarnya keringat yang tidak normal. Segera cari pertolongan medis bila Anda mengalami gejala-gejala awal serangan jantung yaitu muncul keringat tidak normal, sesak napas, nyeri dada seolah tertekan benda berat, nyeri yang tidak jelas pada beberapa bagian tubuh, juga kepala yang tiba-tiba pusing.

6. Mual dan Demam

Saat tubuh mengalami demam, keringat pun akan keluar karena suhu tubuh yang sedang tidak stabil. Begitu juga ketika Anda mengalami mual akibat kondisi tubuh yang kurang fit, mabuk perjalanan, keracunan makanan, atau penyebab lainnya, tubuh akan berkeringat dingin, membuat Anda merasa kurang nyaman.

7. Sedang Merasakan Nyeri

Baru mengalami cedera yang membuat Anda merasa kesakitan pun akan membuat keringat keluar lebih banyak dari tubuh. Keluarnya keringat menjadi respon alami tubuh. Termasuk saat mengalami sakit yang menimbulkan gejala nyeri, seperti sakit gigi, pusing, sakit perut, dan lain-lainnya.

8. Mengalami Stress

Penyebab munculnya keringat dingin pun bisa karena Anda yang sedang mengalami stress, sehingga membuat tubuh tidak tenang, mengalami gangguan. Selain stress, kondisi seperti perasaan gugup pun bisa membuat tubuh berkeringat.

Bisa memahami kondisi tubuh dan mampu mendeteksi sinyal yang dikeluarkan tubuh kita sangat penting untuk menghindari risiko berbahaya. Seperti penyebab-penyebab di atas yang perlu tindakan lanjut.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *