Pilih Kirim Barang ke Luar Negeri Jalur Laut atau Udara? Ini Pertimbangannya

Tak sulit lagi kini mengirimkan barang menuju negara lain. Ekspor barang ke luar negeri bisa dilakukan dengan mudah berkat banyaknya layanan ekspedisi yang bermunculan saat ini. Proses pengiriman barang luar negeri bisa berjalan cepat, aman, dan lancar karena jasa ekspedisi yang bekerja terus menjaga kepercayaan dan menjalankan tugas secara profesional.

Read More

Jalur Pengiriman Barang

Ada beberapa pilihan jalur pengiriman barang ke luar negeri yang sebaiknya Anda pahami. Untuk pengiriman barang menuju luar negeri biasanya pihak ekspedisi akan memberikan pilihan jalur laut dan udara. Lalu, mana yang sebaiknya dipilih? Berikut ini adalah beberapa pertimbangan yang harus dilakukan agar bisa memilih jalur pengiriman yang tepat:

1. Biaya

Pertama, Anda harus mempertimbangkan biaya pengiriman terlebih dahulu. Biasanya pengiriman barang lewat jalur udara akan memakan biaya atau ongkir yang jauh lebih mahal. Sementara itu pengiriman melalui jalur laut bisa lebih murah. Jadi kembali lagi pada kebutuhan pengiriman dan ketersediaan bujet yang bisa dipakai untuk berkirim barang.

2. Ketepatan Waktu

Kemudian silakan pikirkan dulu ketepatan waktu yang akan diberikan lewat jalur pengiriman tersebut. Tentunya jalur udara dapat mengirimkan barang secara singkat dan tepat waktu. Lain halnya dengan pengiriman jalur laut yang akan memakan waktu lebih lama. Jadi kembalikan lagi pada kebutuhan pengiriman apakah memang butuh pengiriman yang cepat atau bisa memakai jalur laut yang lebih lama.

3. Keamanan

Selanjutnya jangan lupa untuk memikirkan faktor keamanan terlebih dahulu. Proses pengiriman barang luar negeri cukup panjang karena jaraknya memang jauh. Jadi Anda perlu memikirkan matang-matang keamanan barang saat dikirim lewat jalur udara dan jalur laut. Jika dirasa lebih aman melalui jalur udara maka tak masalah untuk memilih jalur tersebut.

4. Jenis Produk yang Dikirim

Pilihan jalur pengiriman juga sebaiknya disesuaikan dengan jenis produk yang dikirim. Misalnya, produk yang dikirim merupakan barang elektronik. Berarti akan jauh lebih aman jika barang tersebut dikirimkan lewat jalur udara. Lain halnya dengan produk baju atau kain yang tahan benturan dan tidak butuh sampai ke tempat tujuan lebih cepat. Maka bisa dipilih jalur pengiriman laut untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

5. Asuransi

Cek dulu asuransinya untuk masing-masing jalur pengiriman. Pastikan bahwa ada jaminan asuransi untuk barang yang dikirim. Jika jalur asuransi tidak bisa diberlakukan untuk jalur pengiriman laut maka pilih saja yang jalur pengiriman udara. Sesuaikan dulu dengan jenis barangnya apakah asuransi sangat dibutuhkan atau tidak.

Pilihlah jalur pengiriman barang luar negeri yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan. Pastikan barang yang dikirim bisa aman melalui perjalanan di jalur pengiriman yang sudah ditentukan tadi. Misalnya saat Anda akan melakukan impor Malaysia maka pilihlah jalur yang dirasa paling efektif entah itu darat atau laut, sesuaikan saja dengan kebutuhan dan ekspektasi.

Sumber:

https://ndecargo.co.id/lebih-murah-kirim-barang-lewat-jalur-darat-laut-atau-udara/

https://www.prahu-hub.com/kelebihan-dan-kekurangan-ekspedisi-rute-laut-dan-darat/

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *