Sering Sakit Pinggang? Coba Redakan dengan Tips Ini!

Pekerja kantor atau orang yang harus bekerja di depan layar acap mengeluh sakit pinggang setelah berjam-jam. Apalagi generasi millenial memiliki pekerjaan yang erat berkaitan dengan komputer atau laptop, tak heran kalau anak-anak muda bisa mengeluhkan sakit pinggang di bagian belakang. Rasa sakit bisa hilang timbul baik di salah satu sisi pinggang atau keduanya, lho! Selain itu, postur tubuh yang salah, kualitas kasur yang kurang baik, kegemukan, cedera otot, dan lain-lain memicu masalah sakit pinggang ini.

Read More

Cara ampuh meredakan sakit pinggang di bagian belakang

Setiap orang memiliki potensi alami sakit pinggang dengan gejala yang berbeda. Hal ini dikarenakan oleh perbedaan faktor penyebab sakit pinggang yang Anda alami tersebut. Jika Anda sering mengeluhkan sakit pinggang di bagian belakang, ada baiknya mencoba tips jitu meredakan rasa sakit yang mengganggu berikut :

1. Pilih posisi tidur yang baik

Berbaring telentang mungkin terasa menyenangkan, tetapi posisi tidur berbaring terlalu lama bisa menyebabkan rasa sakit pada pinggang setelah Anda bangun pagi. Tidur telentang bisa menjadi posisi tidur yang baik bila ada penyangga yang berkualitas, tetapi tidak direkomendasikan untuk penderita sleep apnea.

Pilih posisi tidur menyamping ke kanan yang bisa menjaga saluran cerna dalam tubuh lebih optimal. Usahakan untuk tidak tengkurap sebab bisa menyebabkan ketidaknyamanan, sakit pinggang dan leher, kecuali bagi orang-orang yang memiliki masalah tidur mendengkur.

2. Rutin berolahraga

Jangan lupa untuk rutin melakukan olahraga secara terjadwal demi menjaga postur tubuh tetap baik. Toh, olahraga rutin minimal 2-3 kali seminggu bisa meningkatkan stamina dan kebugaran tubuh Anda.

3. Memastikan postur tubuh sempurna

Meski Anda harus bekerja di depan komputer berjam-jam, sebaiknya usahakan memiliki postur tubuh yang sempurna. Gunakan meja dan kursi kerja yang mendukung posisi tubuh Anda tersebut. Keberadaan penyangga punggung dan kepala bisa mendukung kenyamanan selama bekerja di depan komputer. Sesekali regangkan otot-otot yang kaku dengan bergerak setidaknya 10 menit setiap 1-2 jam duduk di depan komputer.

4. Melatih inti tubuh dan fleksibilitas

Anda perlu melakukan latihan otot inti tubuh dan meningkatkan fleksibilitas lewati latihan peregangan otot guna mencegah nyeri pinggang.

5. Melakukan kompres dingin dan panas

Cara terampuh untuk meredakan rasa nyeri saat alami sakit pinggang adalah mengompresnya dengan air dingin dan panas. Bila sakit pinggang dirasakan akibat cedera, ada baiknya melakukan kompres menggunakan es batu yang dibalut kain bersih pada bagian yang sakit selama 48 jam pertama, lalu berlanjut pada kompres panas.

6. Ubah pola hidup masa kini

Orang yang mengalami gangguan organ ginjal, infeksi atau pertumbuhan tulang belakang tidak normal rentan mengalami masalah sakit pinggang. Upayakan untuk minum air putih lebih banyak guna mencegah risiko sakit pinggang pada usia muda.

Selain itu, hindari konsumsi kafein berlebihan, alkohol dan berhenti merokok mulai sekarang. Pasalnya, orang-orang yang aktif merokok mengalami sakit pinggang lebih banyak dibandingkan dengan orang yang tidak merokok sama sekali berdasarkan penelitian yang dilakukan American Journal of Medicine.

Yuk, terapkan pola hidup sehat mulai sekarang agar Anda tidak mengeluhkan sakit pinggang di bagian belakang! Bila Anda merasakan gejala pinggang pegal, kaku, nyeri dari bokong sampai kaki, sulit bergerak hingga memicu rasa sakit saat duduk terlalu lama atau membungkuk, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter terdekat. Waspadai gejala sakit pinggang yang terjadi terus menerus selama berminggu-minggu atau bulanan, ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *